Tentang Pempek

Pempek / Empek-Empek

Pempek Wongkito 19

Pempek Wongkito 19

Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas dari daerah Palembang dan daerah Sumatera Selatan lainnya. 

Pempek memang menjadi ikon Kota Palembang. Sehingga jika ada wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang tidak mencoba pempek ketika berkunjung ke Palembang maka mereka disebut belum sah menginjak daerah yang juga dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya. 

Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan “apek”, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina. 

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang.

Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Karena penjualnya dipanggil dengan sebutan “pek … apek”, maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek. 

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. atau ikan lainnya, misalnya : ikan gabus , ikan tenggiri, kakap merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah.

Pempek Wongkito 19

Pempek Wongkito 19

 

Pempek disajikan dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. 

Jenis pempek yang terkenal :

1. Pempek kapal selam

2. Pempek lenjer

3. Pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”)

4. Pempek kulit ikan

5. Pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui)

6. Pempek telur kecil

7. dan pempek keriting 

Pin It

9 Responses to “Tentang Pempek”

  1. Irawan November 18, 2009 at 10:39 AM #

    salam kenal…
    klo bli pempek+kuahnya aja boleh ga???klo boleh mohon dikirim untuk harga satuannya lwt email aja….,tx

  2. Hermawan May 11, 2010 at 12:19 AM #

    Apakah saya bisa mendapatkan (download) brosur atau konsep bisnisnya sehingga dapat dipelajari. Terima kasih

  3. Hermawan May 11, 2010 at 12:21 AM #

    Mohon bisa dikirimkan bisnis plan-nya untuk dipelajari. Terima kasih

  4. fifing reka July 30, 2010 at 11:06 AM #

    bisa ndak buka di wilayah purwodadi grobogan jateng
    kata kabupaten

  5. eny August 21, 2010 at 11:59 AM #

    klo deposit aja boleh tidak ? perlengkapannya kami sediakan sendiri ? dan klo bisa, mohon dikirim bisnis plan nya gmn, dr awal memulai usaha, pengiriman pempek, sampe labanya. trimakasih

  6. lia November 14, 2010 at 9:55 PM #

    DH,
    Saya sedang mencari rekanan untuk buka gerai pempek disurabaya. Saya tertarik dgn pempek wongkito ini. Apakah saya bisa mendapatkan gambaran perhitungan pengelolaannya ? karna saya sdr masih baru dan blm pernah uka usaha spt ini. Namun krn disby sy belum menemukan pempek yg bener2 ” Palembang “.. makanya saya ingin mengambil peluang ini.
    Tks

  7. admin November 15, 2010 at 9:43 AM #

    Silahkan hubungi:
    HP : 021 68890337 atau 0815 1987 3337

  8. ade nasution May 5, 2011 at 6:37 PM #

    saya punya rencana buka usaha ini

  9. nopia October 23, 2011 at 6:31 PM #

    klo deposit aja boleh tidak ? perlengkapannya kami sediakan sendiri ? dan klo bisa, mohon dikirim bisnis plan nya gmn, dr awal memulai usaha, pengiriman pempek, sampe labanya. dkirm ke almat email sy.trimakasih